PROPOSAL KERIPIK SINGKONG
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu : Drs. Sutrisno,S.E,M.M,M.Pd

Disusun
Oleh :
Sugini Arum Muryati
(11310010)
Kelas 5A
PROGRAM STUDI MATEMATIKA FAKULTAS
PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM
IKIP PGRI SEMARANG
2013/2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur
penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan
rahmat, taufik, serta hidayahNya. Proposal Rencana Usaha Kerja Pembuatan Keripik
Singkong telah selesai
dikerjakan.
Adapun maksud dan
tujuan pembuatan proposal ini adalah
untuk memenuhi tugas dari mata pelajaran Kewirausahaan dan sebagai sarana
pengaplikasian ilmu yang telah kami dapat
dari mata kuliah Kewirausahaan.
Penyusunan proposal ini tidak lepas dari bantuan, pengarahan, bimbingan
dan dorongan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada :
Bapak Sutrisno, selaku dosen mata kuliyah Kewirausahaan.
Dalam penyusunan proposal ini kami telah berusaha semaksimal mungkin, namun
apabila terdapat kekurangan kami selaku penyusun mengharapkan kritik dan saran
yang bersifat membangun untuk perbaikan di masa yang
akan datang.
akhirnya penyusun berharap semoga proposal ini bermanfaat khususnya bagi kami sebagai penulis dan
umumnya bagi pembaca.
Semarang, 2
Oktober 2013
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A. Identitas Perusahaan
Nama jenis usaha :
Produksi Cemilan
Keripik Singkong
Alamat :
Jl. Mangkudipuro
Nama Pemilik :
Ibu Suharti
Bentuk usaha :
Perorangan
B. Visi dan Misi
Visi Perusahaan
a. Terbaik dalam pelayanan pemesanan produk.
b. Terkenal dengan kualitas produk yang berbeda dengan
berbagai rasa.
c. Terkemuka dan nomor satu di kabupaten Majalengka
Misi Perusahaan
a. Mewujudkan pelayanan pemesanan yang cepat tanggap.
b. Mewujudkan keahlian dalam pembuatan Kripik Singkong yang
berkualitas.
c. Mewujudkan daya tarik seluruh masyarakat untuk produk
makanan ini.
C. Aktivitas Usaha
Memproduksi makanan (kripik singkong) bermacam rasa.
Melayani pemesanan konsumen dengan cepat.
Penjualan produk ke berbagai tempat.
BAB II
DESKRIPSI USAHA
A. Latar Belakang
Pada saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara
simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan.
Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan daripada membuatnya sendiri
dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari
pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis “Keripik Singkong”.
Dalam memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus
diketahui adalah peluang pasar dan bagaimanan menggaet order.. Bagaimana
peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara
memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa
keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk
bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang
ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan
psikologis rasa malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan
keraguan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah
untung atau rugi. Semakin besar untungnya maka resikonya pun semakin besar.
Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi
gagal daripada gagal mencoba.
Sebenarnya
banyak peluang usaha yang bisa kami kembangkan, namun kebanyakan usaha tersebut
memerlukan modal yang tidak sedikit, hal seperti ini menjadi kendala untuk kami
sebagai kelompok yang ingin belajar usaha.
B. Tujuan Pendirian
Perusahaan
a. Untuk melayani masyarakat dalam hal kebutuhan makanan
ringan pada saat santai, picnik, acara keluarga,dan lain-lain.
b. Membuka lapangan pekerjaan.
c. Mengembangkan kerja sama dengan mitra bisnis.
BAB III
ASPEK PEMASARAN
A.
Target pasar atau Konsumen
Yang merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah
menjadi kelaziman bahwa usaha ini bekerja berdasarkan pesanan. Kegiatan
produksi dimulai apabila telah pesanan telah diterima. Maka, tanpa pesanan,
kegiatan produksi kami ini tidak bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun atau
selama bisnis itu hidup adalah pemasaran, keuangan dan administrasi.
Target pasar adalah seluruh kalangan masyarakat yang
ingin berefisien waktu dan tenaga. Pesaing kita dari perusahaan kripik lainnya
B.
Konsep pemasaran
Pemasaran kami terdiri dari 4 elemen
(Price+Place+Promotion). untuk produk,
kami mesti mensurvai para
pesaing-pesaing kami. Misalnya saja, menentukan apa, 1 jenis terpopuler untuk
kripik di tempat lain. Nah, khusus, ke 1 menu
itu, Anda mutlak menguasainya. Langkah berikutnya, bertanya kepada diri kita
sendiri untuk maju selangkah lebih maju. Misalnya, dengan melakukan inovasi.
Mampukah kita menciptakan hal-hal yang baru dengan 1 menu populer itu. Contoh,
bagaimana caranya membuat kripik yang unik dan beda dan terlihat lebih menarik
serta kalau bisa dengan paket murah.
BAB IV
ASPEK MANAJEMEN
Dalam pendirian usaha ini tentunya membutuhkan pengelolaan barang,
keuangan dan tenaga pekerja yang baik
agar hasil yang diharapkan dapat tercapai. Sebelum melakukan pengelolaan usaha,
perlu disampaikan bentuk kepemilikan usaha Kripik Singkong Ua Aciih adalah
perorangan (Kerabat) Sehingga yang terlibat dalam pengolahan usaha ini adalah
Kerabat, dalam hal ini kawan seperjuangan.
Mengenai kebutuhan tenaga kerja adalah 9 orang dengan jam
kerja dari mulai jam 09.00 s.d jam 16.00 dimana Bisnis ini dimiliki bersama dengan
system bagi modal.
Bisnis ini
dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing,
misalkan dari 9 orang tersebut
1 orang sebagai pengawas
5 orang bertugas mencari dan mengolah bahan
3 orang bertugas mengantar pesanan dan melakukan perekrutan tenaga kerja
apabila membutuhkan.
Dalam mempertimbangkan bentuk kepemilikan usaha yaitu
peroangan (kerabat), maka bentuk organisasi manajeman atau pembagian tugas
usaha sebagai berikut:
Tim manajemen dalam hal ini adalah sebagai berikut :
Manajer umum ` : Suryaddin Fadhil
Manajer administrasi dan keuangan : Rikka Ade Tia Maelani
Manajer gudang dan barang : Sri Mulyati
Karyawan :
v Rifki Kurniawan
v Rizqy M
Choerul Umam
v Tintin
Suhartini
v Uyun
Nurjaman
v Yulia
Rachman
BAB V
ASPEK PENGOLAHAN
A. Proses
Pembuatan
Tidak lah sulit bagi kami untuk membuat kripik
singkong karena bahan yang kami butuhkan mutlak ada dimana-mana.
Untuk bahan-bahanya/hari
1. 3kg Singkong
2. 1 ½ Kg
Minyak Goreng
3. 2kg Aida
4. Garam+Penyedap
rasa
5. Bawang Putih
6. Plastik ¼
B. Cara pembuatannya
1. Singkong
yang sudah dikupas di cuci kemudian di iris tiois-tipis
2. Rendam
singkong dan penyedap rasa di tambah bawang merah da putih yang suda di tumbuk
terlebih dahulu
3. Panaskan
minyak goreng padawajan setelah panas masukan singkong tinggu hingga matang
angkat lalu tiriskan taburi dengan penyedap rasa
4. Singkong
siap dikemas
BAB VI
ASPEK KEUANGAN
A. Modal Usaha
Pada aspek keuangan ini, bisnis kami
mendapat modal dengan bagi modal yang terdiri dari 9 orang. Per orangnya
mengeluarkan modal Rp 16.000. Jadi Modal awal kita sebesar Rp.144.000.
No
|
Bahan
|
Satuan
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
1
|
Singkong
|
15
|
1000
|
15000
|
2
|
Minyak
|
3kg
|
11000
|
33000
|
3
|
Aida
|
10 Bungkus
|
2500
|
25000
|
4
|
Garam
|
1kg
|
5000
|
|
5
|
Bawang
merah
|
1kg
|
5000
|
5000
|
6
|
Bawang
putih
|
1kg
|
6000
|
6000
|
7
|
Plastik ¼
|
1pck
|
6000
|
6000
|
Jumlah
|
120.000
|
Dengan modal Rp. 144.000, dan sisa dari modal Rp.
22.000, yang dimasukan ke keuangan, kami bisa menghasilkan 650 bungkus dan kami
jual/bungkusnya @ Rp. 1000
Berikut ini
kami tampilkan Proyeksi Keuangan 1 bulan
Minimal mendapat 4 kali pesanan
2 x Partai Besar Minimal 200 bungkus
Minimal mendapat 4 kali pesanan
2 x Partai Besar Minimal 200 bungkus
@ Rp 200.000
= Rp. 400.000 x 2 = Rp. 800.000
2 x Partai Kecil Minimal 150
bungkus
@ Rp 150.000
= Rp. 300.000 x 2 = Rp. 600.000
Perkiraan Pendapatan minimal 1 bulan Rp 1.400.000
Jurnal laporan laba lugi/bulan
Perkiraan Pendapatan minimal 1 bulan Rp 1.400.000
Jurnal laporan laba lugi/bulan
1.
Biaya Tenaga
Kerja (6 orang @ Rp 5000 x 4 Pesanan)
Biaya Tenaga
Kerja Rp. 240.000
2. Biaya Bahan
Baku (@ Rp 120.000,00).
Rp 120.000 x
4x Pesanan = Rp 480.000
Biaya Bahan
Baku Rp 480.000
Pendapatan –
biaya tenaga kerja – bahan baku = laba
1.400.000-240.000-480.000
= 680.000
Jadi laba
yang diperoleh adalah sebesar Rp. 680.000,00
B. Aspek usaha dimasa yang akan datang
Melihat
kondisi pasar dan perajin saat ini yang setiap waktu terjadi perubahan dari
peminat khususnya pada produk kami. Kami bertekad untuk tetap memasarkan produk
yang kamihasilkan. Untuk itu kami memasarkan produk yang kami hasilkan untuk
itu kami utamakan di wilayah majalengka,
sekolah dan took-toko lain.
Tidak hanya
itu perusahaan kami juga tidak lepas dari pemasaran lewat internet misalkan di
tokobagus.com, situs jejaring social
atau situs-situs yang banyak di akses oleh kalangan masyarakat.
C. Penutup
Usaha kecil
menengah Kaleng Rombeng
merupakan usaha rumahan dengan modal pribadi dengan proses pengerjaannya dilakukan
sederhana dengan bermodalakan
keterampilan.
Sehubungan
dengan keterbatasan modal yang yang dimiliki perusahaan maka diharapakan ada
bantuan modal dari pihak lain sehingga usaha kami bisa berkembang menjadi
perusahaan yang besar yang dapat membantu mengurangi tingkat penggangguran di
wilayah Juwana terutama. Sehingga Juwana menjadi kecamatan yang mandiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar